Breaking News
Loading...
Sabtu, 14 Februari 2015

Kisah-Kasih Mobil Jemputan (Album ALIF STORY)

2:05 PM
Kisah-Kasih Mobil Jemputan

Sewaktu gue smp, gue berangkat dan pulang sekolah di antar jemput dengan mobil jemputan.

Alasan dari orang tua gue, gue suruh naik jemputan itu yah salah satunya supaya gue bener-bener ke sekolah, dan gak ribet.

Sebelum gue naik jemputan, sering banget pas mau berangkat sekolah dengan motor kesayangan gue, tapi bukan sampe ke sekolah, melainkan gue main, dan gue mainnya sering ke warnet atau rental ps.

Dari situlah gue di suruh orang tua gue naik mobil jemputan sekolah.


Supaya gue emang bener-bener ke sekolah dan yang pasti gak ribet, kalau hujan yahh aman gak ke hujanan, cuman kalau macet yah baru dehh kerasa macetnya.

Tapi ada bagusnya juga sih, orang tua gue suruh gue naik jemputan.

Yang pertama naik jemputan itu asyik bareng temen-temen, dan pulangnya juga bareng temen-temen berasa mau perang dengan bawa banyak pasukan.

Yang kedua yahh kalau naik jemputan kadang malesnya nunggu temen-temen yang lama banget, apalagi cewek, kadang di tunggu sampe 1 jam lebih.

Gue mikir itu cewek ngapain coba lama amat, apa jangan-jangan dia lagi nunggu jodohnya? Huuffttt.

Banyak temen-temen smp bilang ke gue, kalau mobil jemputan yang gue naikin itu kaya ambulan, hmmm emang iya sih, kalau gue lihat-lihat, soalnya bentuknya besar dan lebar, abis itu warnanya putih, belakang mobilnya pun gak datar, tapi melendung atau bisa di bilang culun, tinggal di kasih sirine aja di atasnya.

Emang mirip banget kaya mobil ambulan, yang lebih tepatnya mobil jenazah.

Di mobil jemputan yang gue naikkin waktu smp selama 2 tahun, ada 5 orang laki-laki termasuk gue dan sisanya cewek.

Pokoknya yahh banyak di dominasi oleh cewek.

Gue mulai naik mobil jemputan pas gue kelas 1 smp sampe kelas 2 smp, kelas 3 smp gue mulai naik motor lagi.

Masa udah kelas 3 smp gue naik jemputan, kan gue malu, terutama malu sama tukang kebun sekolah gue yang udah bawa motor sendiri.

Dari 4 anak laki-laki yang satu jemputan sama gue itu namanya: aris, eksa, mursa, wawan.

Mereka semuanya satu angkatan sama gue.

Banyak banget kisah-kasih yang gue alami saat gue naik mobil jemputan, yang pastinya sama mereka berempat.

Dari yang mulai mobil jemputan gue mogok di tengah jalan, di mana saat mogoknya hari senin, hari di mana upcara bendera, abis itu hampir pernah nabrak motor orang yang lagi di parkir di trotoar, mungkin yang itu karena efek sopir mobil jemputan gue yang udah tua, wajar aja umurnya udah 40 lebih.

Tapi tetep keren ko bawa mobilnya, kalau gue pikir ikut lomba balap pasti menang, maksudnya menangis.

Yang mau gue certain di sini, kisah-kasih saat gue naik mobil jemputan yang paling gak bisa gue lupakan, yaitu pada saat mobil jemputan gue ban depannya copot atau lepas.

HAHAHAHA *Ketawa Jahat.

Gue juga aneh dan gak abis pikir, kenapa ban depan mobil jemputan gue copot.

Gue, eksa, aris, mursa, dan wawan, pada saat itu hanya bisa ketawa-ketawa aja, walau sopir mobil jemputan gue keringet dingin dengan hal itu.

Memang sih, kondisi mobil jemputan gue selain kaya ambulan, mobilnya unik dan antik, abis itu banyak orang bilang, mobilnya tua, sama kaya orang yang nyetir sama-sama tua.

Walau mobil jemputan gue begituh, tapi body mobilnya sangat besar, dan jarang ada mobil jemputan lain berani menyalip atau membalapnya.


Sopir yang mengendarai mobil jemputan gue, emang bisa di bilang aneh, jalan berlubang di hajar aja sama dia dengan kecepatan yang kencang, dan kadang remnya blong waktu turunan hahahaha, gak bisa ngebayangin dehh gue sekarang kaya apa tuh mobil.

Nama sopir yang ngendarain mobil jemputan gue sering di sebut namanya pak de! Di panggilnya aja pak de, yahh otomatis untuk orang yang lebih tua.

Kejadian yang gak bisa gue lupain tentang ban mobil jemputan gue copot itu di mulai pada hari senin.

Hari senin di mana hari yang sibuk untuk anak-anak sekolah, selain hari pertama masuk sekolah, hari senin juga hari yang paling di benci sama anak-anak sekolah, karena ada yang namanya upacara.

Tapi gue sih engga benci hari senin, karena gue kan anak yang rajin dan tamfan.

Okeh gue mulai ceritanya…. Lahh terus yang di atas itu teks apaan? Itu cuman basa-basi gue doang biar ceritanya makin seru dan jreng gituh.

Seperti biasa gue, kalau nunggu jemputan di warung depan gang, dan gue nunggunya gak sendiri, selalu ada temen yang pasti wawan, eksa, mursa, dan aris.

Mereka lah yang bareng sama gue nunggu mobil jemputan datang.

Kita berlima selalu nunggu mobil jemputan bareng-bareng dan kalau pulang sekolah pun saling tunggu menunggu, kurang setia apa coba?

Kadang saat nunggu jemputan datang, kita berlima suka menggoda cewek yang pagi-pagi udah jalan sendirian, kita suka ledek dengan kata ‘Neng pagi-pagi jalannya sendirian? Awas kesambet kolong wewe’ hahaha.

‘’Aduuhhh..!!! lama bener nih mobil jemputan kita yang katanya punya nos seperti roket yang meluncur ke angkasa’’ ucap eksa.

‘’sabarlah sa, mungkin mobilnya lagi isi bensin dulu’’ balas wawan.

‘’yakin pak de mobilnya isi bensin?, kan selama kita naik jemputan pak de gak pernah isi bensin, ia selalu isi bensin di teng-teng pake plastik’’ ucap aris.

‘’hahaha bener juga tuh ris, mungkin lagi nunggu cewek yang lamanya kaya model jalanan’’ balas mursa.

‘’udah sabar aja, orang sabar di sayang alif ko’’ ucap gue.

Emang sih mobil jemputan gue jarang banget isi bensin secara langsung, paling juga pak de selaku sopirnya beli bensin dengan di taro di plastik, abis itu di isi sendiri, mandiri bukan?

Setelah menunggu kurang lebih 15 menit, akhirnya mobil jemputan kita pun datang, dengan di iringi musik dangdut ala pak de yaitu ‘teganya-teganya-teganya’ pokoknya gituh lirik reff nya.

Gue, wawan, aris, eksa, mursa pun masuk.

Kita selalu duduk di bagian paling belakang, dan di salah satu jemputan gue, ada cewek yang gue seneng banget kalau ngeliatnya, apalagi kalau duduknya sampingan, serasa gak pengen turun gue.


Yahh tapi tetep aja gue kalau di mobil jemputan selalu bercanda-canda sama 4 temen gue itu, kadang bercandanya parah banget, sampe-sampe pak de selaku sopir jemputan pernah marah besar, waktu sie wawan kepalanya nongol keluar jendela mobil, ehh tau-taunya ada motor yang mau menyalip, al hasil kepala wawan keserempet motor tersebut, tapi anehnya wawan hanya ketawa sedangkan motor tersebut hampir jatuh.

Pak de langsung marah-marah ke wawan, gue dan yang lain hanya bisa ketawa dalam hati hahaha.

Mobil jemputan gue pun berangkat menuju ke sekolah.

Sedangkan pada saat itu gue duduk deket cewek yang gue senengi di jemputan, sebut saja namanya nila.

Nila ini kaka kelas gue, dia orangnya ramah dan gak sombong, yang pasti enak banget di ajak ngobrolnya.

Cuman nila doang di jemputan yang deket sama gue, soalnya temen-temen gue berempat pada maho semua.

Gue pun di dalam mobil jemputan hanya mengobrol-ngobrol dengan nila saja, sedangkan temen gue berempat, mereka asyik mengobrol dan bercanda.

‘’Ka nila, hari ini pelajaran ka nila padat-padat gak?’’ ucap gue.

‘’engga ko lif, biasa aja, kalau kamu?’’ balas nila.

‘’kalau aku hari ini lumayan padat ka, ada matematika, fisika, dan bahasa inggris, semuanya bikin pusing’’

‘’hahaha nikmati saja lif pelajarannya, nanti juga kamu bisa ko’’

‘’iyaa ka oke’’

Dan temen-temen gue memotong pembicaraan gue yang lagi asyik dengan ka nila.

‘’weedddeehh..!!! alif ngobrol berduaan aja gak ngajak-ngajak kita-kita loe lif!’’ ucap wawan.

‘’yaeellahh..!! lagian loe pada bercanda mulu sih, males gue’’ balas gue.

‘’mending bercanda dan tawa ria lif, dari pada serius yang ada nantinya bikin mumet’’ ucap eksa.

‘’terserah loe dah!’’ balas gue dengan lancang.

Di perjalanan menuju ke sekolah, mobil jemputan kita tidak semudah yang kalian bayangkan, coba aja bayangkan, mobil jemputan gue harus ngelewatin jembatan yang udah goyang, di tambah lagi lewat tempat yang kaya hutan gituh, pokoknya gue berangkat sekolah berasa kaya mau menjelajah atau berpetualangan.

Tapi tak lupa, saat di perjalanan selalu di iringi musik dangdut ala pak de, dan canda tawa dari gue dan temen-temen gue.

Hari senin itu, mobil jemputan gue bener-bener ada kendala di bagian bannya.

Semua itu kerasa pas di perjalanan, pak de selaku sopir jemputan gue, saat menyetir muka dia panik dan cemas berasa bakal ada orang yang mau nagih utang ke dia.

Dan ternyata benar…!!!

Saat gue dan temen-temen gue dan penumpang jemputan sekolah gue yang lain lagi asyik-asyiknya ngobrol, dan ada juga yang bengong, tiba-tiba kaget setelah pak de membelokan mobil ke arah kanan, dan ternyata ban depannya copot di bagian kiri.

Semuanya berguncang seperti gempa yang datang secara tiba-tiba.

‘’ttttaaaaakkkkk…..!!!!’’ suara ban mobil jemputan copot.

‘’aaahhhkkkk….!!!! Copot-copot jantung copot paru-paru engga!!!’’ teriak cewek-cewek di mobil dan latah.

‘’aaaaddddaaawwww….!!!! Teeppp…!!! jooosss…!!!!’’ teriak gue dan temen yang lain.

Kami semua yang ada di dalam mobil kaget dan berteriak dengan gayanya masing-masing, penumpang yang ada di mobil bener-bener gak kepikiran kalau bakal kejadian seperti ini.

Tadinya gue dan temen-temen yang lain, lagi asyik ngobrol dan bercanda, tiba-tiba kejadian datang dan menimpah, al hasil semua penumpang turun, dan pak de selaku sopir sibuk membetulkan ban mobilnya yang copot itu.

Gue pun dan temen-temen turun.

‘’pak de, kenapa ban mobil depannya bisa copot ginih?’’ tanya gue.

‘’mungkin pak de terlalu menekan ke kanan beloknya’’ balas pak de.

‘’nahh..!! karena pak de terlalu bersemangat, sampe-sampe membelokan setir aja pak de sampai terlalu menakan gituh’’ ucap wawan.

‘’yaudah pak de, apa yang bisa kita lakukan?’’ ucap mursa.

‘’hmmm…. Mending kita berdoa aja supaya ada keajaiban’’ balas aris.

Aris emang dongo banget, masa cuman berdoa doang, kan ada orang bijak bilang: ‘berdoa tanpa usaha itu sia-sia’ jadi aris mengajak kita untuk berdoa tanpa usaha yang pada akhirnya akan sia-sia itu dongo banget.

Pak de pun sibuk membenarkan ban mobilnya yang copot di bagian kiri sendirian, pas mobil jemputan gue kena musibah seperti ini, tempatnya bener-bener gak pas banget, tempatnya itu seperti di tengah hutan yang penuh pohon-pohon besar dan bunyi jangkrik yang sedang konser, di tambah jarang ada kendaraan yang lewat.

Bener-bener kasihan nasib pak de ucap gue dalam hati.

Pak de sibuk dengan ban mobilnya, sedangkan yang lain pada sibuk dengan hapenya apalagi cewek, yang sekilas gue lihat sibuk chatingan dengan temannya yang udah di sekolah seperti ini:

‘ehh loe udah di mana?’ ‘bentar yah mobil jemputan gue ada kendala nih’ ‘yaudah cepetan, keburu masuk’ ‘iyaa sabar, ini aja lagi di benerin sama sopirnya’ ‘oke gue tunggu’.

Begituh chatingannya yang gue lihat.

Waktu sudah menunjukan jam 7 lewat, berarti bener-bener telat untuk masuk sekolah dan kami satu jemputan gak ikut upacara hari senin, karena musibah yang tiba-tiba datang tanpa di jemput (jalangkung).

Gue, eksa, mursa, aris, dan wawan hanya berdoa dan berdoa saja, soalnya dari kami berlima gak ada yang ngerti soal pasang memasang kendaraan seperti mobil ginih.

Dan gue lihat ka nila, yang akrab dengan gue di jemputan, dia cemas dan kebingungan.

‘’hmmm…. Ka nila kenapa? Cemas begituh?’’ tanya gue.

‘’engga papa ko lif, ini pak de udah bener belum sih ban mobilnya?’’ balas nila.

Gue pun memantau pak de yang sedang memasang ban mobilnya, pak de bener-bener keringat dingin dan pasang muka memerah alies panik dan melas, jujur gue gak tega sebenarnya, tapi apa daya, gue dan yang lain gak ngerti masalah hal ini.

‘’hmmmm…. Masih lama sih kayanya, lagian pak de keliatannya panik gituh, emangnya kenapa ka nila?’’

‘’ini lif, takutnya kaka telat ke sekolah, kalau telat gak ikut upacara sih gak papa, cuman di jam pertama pelajaran, kaka ada ulangan bahasa Indonesia, kaka takut gak sampe sekolah saat ulangan itu di mulai’’

‘’ohh,, yaudah kaka tenang dan tenang, dengan ketenangan semuanya bisa menjadi tenang’’ ucap gue ngelantur.

‘’ahkk! Kamu ini lif’’ balas nila.

Gue pun berunding dengan wawan, eksa, aris, dan mursa, masalah ini.

‘’terus gimana nih? Apa kita menunggu pak de saja membenarkan mobilnya sendirian? Sedangkan cewek-cewek yang lain pada cemas’’ ucap gue.

‘’hmmm… mau gimana lagi lif? Kalau kita bantu juga, yang ada malah nyakin ngerusak!’’ balas aris.

‘’nahh bener tuh lif! Cuman doa, doa, dan doa sajalah yang bisa kita persembahkan kepada pak de tercinta selaku sopir jemputan kita ini’’ ucap eksa.

‘’itu baru bener sa!’’ balas mursa.

‘’ahk! Loe pada gak punya ide lain apa?, kasihan gue lihat pak de, yang berjuang sendirian, sedangkan kita diam aja dan sibuk dengan kecemasan’’ ucap gue.

Dan pak de pun menghampiri kita semua selaku penumpang mobil jemputannya.

‘’anak-anak! Maaf yah, kayanya mobil pak de sulit sekali untuk di benarkan, soalnya ban depan bagian kiri copotnya terlalu parah, tadi pak de sudah berusaha membenarkannya, tapi sulit, yahh sekarang enaknya gimana nih?’’ ucap pak de.

‘’ginih aja pak de! Pak de kasih kita ongkos untuk naik ojek biar kita tetep bisa ke sekolah gimana?’’ balas aris.

‘’ehh ris! Loe dongo banget! Udah tau kita terjebak di tempat hutan ginih dan jarang ada kendaraan lewat, gimana mau dapet ojek?’’ ucap mursa.

‘’sudah-sudah-sudah, kaka punya kenalan yang ngerti masalah mobil, rumahnya gak jauh ko dari sinih, bentar yah kaka hubungi dia dulu’’ ucap ka nila.

‘’yaeellahh ka nila, kenapa gak dari tadi?’’ balas eksa.

‘’hmmm…. Ka nila baru inget sekarang geh, hehehe’’ ucap ka nila.

‘’yaudah cepet ka, di hubungi’’ ucap gue.

Dan pak de pun sedikit lega saat tau seperti ini.

Ka nila pun menghubungi orang yang di kenalnya itu, dan 5 menit kemudian orang itu pun datanng, dan memasangkan kembali ban depan mobil pak de yang copot atau lepas itu.

Alhamdulillah dengan doa gue dan temen-temen gue curahkan, cuman menunggu 10 menit, akhirnya dan akhirnya ban mobil pak de pun terpasang kembali, kami semua selaku penumpang pak de nampak bergembira dan bersorak-sorak bagaikan kemenangan dari sebuah kekalahan yang panjang.

Walaupun saat kejadian itu kita memakan waktu yang cukup lama, sampe-sampe waktu sudah menunjukan jam 8, memang sudah telat sekali kita ke sekolah, dan pak de pun tanpa basa-basi mulai melaju kembali ke sekolah.


Gue dan temen-temen yang lain setelah melihat kejadian mobil pak de yang bisa kembali seperti semula, kita hanya bisa diam-diam dan diam saja, karena kita berlima bagaikan bencong yang gak ngerti sama sekali tentang utak-atik masalah hal seperti itu.

Singkat dari semuanya…..

Saat mobil jemputan gue tiba di sekolah, dan ternyata sekolah lagi dalam keadaan bebas alies gak belajar, karena gurunya sedang rapat.

Hasilnya kita semua yang tadinya terburu-buru untuk menyelesaikan masalah mobil pak de ini, bisa di bilang percuma-Cuma!.

Tapi tak apalah, mending berhasil terselesaikan dari pada tidak, mau bagaimana pun, mobil jemputan pak de ialah mobil jemputan gue dan temen gue yang lain.

Jasanya sangat di butuhkan dan bermanfaat.

Kisah-kasih mobil jemputan itulah waktu smp yang gue kenang sampai sekarang ini.

Walau banyak kenangan yang tersimpan, tetapi kenangan itulah yang paling berkesan menurut gue.

Hidup mobil jemputan smp gue….!!! Hidup juga pak de…!!! Berkat jasa mu dan mobil mu, gue bisa berangkat ke sekolah dan pulang ke rumah dengan selamat.

2 komentar:

 
Toggle Footer