Breaking News
Loading...
Kamis, 05 Maret 2015

Bocah NgeBand (Album Rumput Liar)

12:36 PM
Bocah NgeBand

Sewaktu gue masih bocah, gue emang pengen banget punya band yang terkenal kaya ungu, peterpan, dan the rock.

Dari hal fikiran itu, gue pada saat yang masih sekolah SD kelas 3 membentuk sebuah band yang bisa di bilang acak adut atau amburadul.

Tapi kreatif dan bisa di bilang keren.

Anggota bandnya ada 4 orang.

Namanya yogi, isal, daru, dan gue.

Yogi sebagai vokalis, isal sebagai drummer, daru sebagai bass, dan gue sebagai gitaris.

Band kita berempat ini bener-bener kreatif dan gak mau modal untuk main di studio-studio musik.


Kita berempat main band dengan alat musik yang bukan alat musik sebenarnya melainkan prabotan rumah tangga.

Gue sebagai gitaris megangnya raket bulu tangkis, yogi sebagai vokalis dia tinggal nyanyi doang pake suara yang serak-serak cempreng, isal sebagai drummer megangnya perlalatan prabot kaya panci, ember, dan kaleng, sedangkan daru sebagai bass megangnya sapu lidi yang buat nyapu halaman.

Band kita bener-bener kreatif dan amburadul.

Kita suka ngeband di rumahnya yogi, lebih tepatnya di kamar rumah yogi.

Di situlah suka duka kita ngeband dengan teriak-teriak dan bikin berisik gak jelas.

Sampe-sampe pernah saat kita lagi ngeband di kamarnya yogi dengan power ngeband yang terlalu bersemangat 45.

Tiba-tiba mamahnya yogi yang sedang hibernasi sampe ke ganggu dengan kehadiran band kita, yang pada saat itu sedang ingin membuat album pertama yang berjudul ‘Mamah Ngertiin Akuh’.

‘’Ohhhh Maaaiiiii Goooodddd…!!! Yooogggiii…!!! Bersik….!!! Kalian main band gak jelas…!!! Yang ada bikin telinga mamah mau pecah…!!!!’’ ucap mamah yogi teriak.

‘’tapi mah! Band kita lagi membuat album yang pertama berjudul ‘Mamah Ngertiin Akuh’ ’’ balas yogi.

‘’engga mau denger mamah! Denger kalian ngeband gak jelas ajah, telinga mamah mau pecah! Apalagi denger lagu kalian nanti!’’

‘’ahhkk…!!! Mamah!’’

Walau band kita ini emang gak jelas seluk beluknya dan gak ada modal sedikit pun untuk berkembang.

Yahsudah kita ngeband gituh-gituh aja, dan happy enjoy..!!!.

Dan yang paling gue inget sampai saat ini, pernah kita berempat untuk menentukan nama band yang kita buat ini.

Sampe-sampe pernah 5 kali gunta-ganti nama band, karena gak ada yang cocok dengan kita.

Dari namanya sejenis hewan, tumbuhan, barang mati, dan penjahat sekalipun gak ada yang cocok dengan band kita.

Setelah berfikir yang sangat panjang, panjang, dan panjang, akhirnya kita menemukan ide untuk nama band kita yaitu ‘TemBelek Band’.

Yahh TemBelek Band!.

Nama band yang terinspirasi dari kotoran, dan sejenjis kotoran.

Sekali orang mendengar nama band kita ini, pasti orang tersebut akan memikirkan sesuatu yang kotor, kotor, dan sangat kotor.

Karena nama ‘TemBelek Band’ ini, sejenis atau bersehabat dengan yang namanya TAI.

‘’nama band kita yakin nih TemBelek Band?’’ ucap gue.


‘’iyaa lif, mending namanya yang aneh aja, dan anti pasaran, biar orang yang denger nama band kita juga makin penasaran’’ balas yogi.

‘’bener juga tuh lif apa kata yogi, dengan nama band yang asing di telinga orang, yakin dehh gue, banyak orang yang bakal penasaran sama band kita nanti’’ ucap isal.

‘’loe-loe pada lagi ngimpi yah? Apa masih pada tidur?, udah jangan berharap tinggi dulu masalah band, intinya kita seneng-seneng aja dulu sama hoby kita ini’’ balas daru.

‘’SETUJU…!!!’’ ucap kami serempak.

Umur kita emang masih bocah banget dan polos, di tambah lagi fikiran masih labil.

Suka maupun duka yang gue alami waktu gue bocah dengan hobby ngeband ini, banyak banget kenangannya, walau band yang gue buat ini gak jelas dan acak, tapi pada saat gue bocah, ini sangat asyik dan seru.

Semua kenangan itu dan cerita tentang gue, dan temen-temen gue yang punya harapan ngeband ini, akan gue tulis di cerita kali ini.

‘Bocah Ngeband’

‘’Gimana nih dengan nasib band kita? Yang dari dulu gini-gini mulu’’ ucap gue.

‘’udah lif santai aja!, lagian kita ngeband aja gak modal, cukup make prabotan rumah tangga, itupun kita udah happy enjoy!’’ balas yogi.

‘’hahaha bener tuh lif!’’ ucap daru dan isal.

‘’tapi bisakan sekali-kali kita main band pake alat musik beneran? Itung-itung kita belajar main musik’’ ucap gue.

‘’hmmm bisa sih, cuman kalau make alat musik beneran, pasti banyak nih yang belum bisa, kalau gue sih vokalis cukup make suara gue yang merdu ini hehehe’’ balas yogi.

‘’kalau gue sih gampang, kan gue megang drum, cukup pukul sana pukul sinih, tapi jangan pukul hatiku’’ ucap isal.

‘’hahaha bener sal, kalau gue megang bass, itupun gampang tinggal petik dan suaranya juga ‘dum-dum-dum’ bikin bulu merinding’’ balas yogi.

‘’ohhh gituh yah pada?’’ ucap gue.

‘’nahh kalau loe gimana lif megang gitar?’’ balas yogi,isal,daru.

‘’gue gak bisa main gitar, tapi kalau ngeband gue megang gitar, di jamin dehh keren suaranya nanti, kaya si raja gitar ‘slash’ ’’ ucap gue.

Perbincangan kami mengenai masalah band, untuk bermain band beneran atau alat musik beneran berlangsung di kamarnya yogi, dengan keadaan kita tiduran bersama berjejer.

Sudah ibarat tentara yang tiarap dan bakal di tembak mati oleh komandannya.

‘’yaudah! Mulai sekarang kita kumpulin duit, buat main band di studio musik’’ ucap yogi.


‘’okee bener juga tuh!, kan kadang orang tua kita jarang banget ngasih uang jajan gede, lahh gue aja palingan sehari 2000’’ balas isal.

‘’loe mending 2000 sal, lah kadang gue gak di kasih, palingan kalau di kasih 1000’’ ucap daru.

‘’udah-udah! Berapapun itu, yang penting kumpulin aja duit kita, untuk satu tujuan main band beneran di studio musik, lagian gue juga penasaran sama studio musik, pasti serunya kaya apa’’ balas gue.

Kita berempat sepakat untuk mengumpulkan uang jajan kita masing-masing dalam sehari untuk ngeband di studio musik.

Butuh waktu kira-kira sebulanan, kita berempat berhasil mengumpulkan uang sebanyak-banyaknya.

Gue selama sebulan ngumpulin duit buat main band bareng temen-temen yang gaje alies gak jelas cuman dapet 4000, karena kadang tiap duit yang gue tabung, sering gue ambil kalau ada mamang jualan somay langganan gue lewat depan rumah, makanya duit gue kekumpul cuman dapet segituh.

Itu juga perlu pengorbanan dan jerih payah gue selama sebulan.

Gue rela demi untuk main band, di sekolah gue gak jajan, cuman ngeliatin temen-temen gue aja yang makan, dan itu juga udah buat gue kenyang, walau kenyang dalam artian hina.

Kita berempat selaku ‘TemBelek  Band’ berkumpul di rumah yogi, dan seperti biasa lebih tepatnya di kamar yogi untuk perbincangan mengenai masalah main band.

‘’gimana hasil pengumupulan duit kalian untuk main bandnya?’’ ucap yogi.

‘’hmmm... gue cuman dapet 4000 ribu doang yog’’ balas gue.

‘’yaelah, masa selama sebulan cuman dapet 4000 doang lif?’’ ucap yogi.

‘’iyaa nih, ini juga susah gue ngumpulinnya, butuh tenaga dan rela badan untuk gak makan jajanan sekolah’’ balas gue.

‘’loe mending dapet 4000 ribu lif, lahh gue cuman dapet 2000’’ ucap isal.

‘’kalau gue cuman dapet 5000 nih, karena gue emang bener-bener niat untuk main band sama kalian’’ balas daru.

‘’OMG! Di antara kalian gak ada yang ngumpulin duitnya sampe dapet 10.000 ribu ke atas gituh?’’ ucap yogi.

‘’gak ada yog!’’ balas gue,isal,daru serempak.

Yogi ini emang orangnya tajir dan mampu, makanya dia selaw aja masalah ngomongin duit, soalnya dia tinggal ngomong ke mamahnya yang super bawel, pasti dia di kasih duit, berapapun nominal duit itu.

Makanya gue betah banget kalau main sama yogi.

Kadang dalam seharian kalau main sama yogi, sering banget gue dan temen-temen band, di bayarin makan, udah gituh ngumpulnya di kamarnya yogi, yang dingin-dingin ber AC.

‘’yaelah! Asal kalian tau, bayarnya kalau main band di studio gituh, satu jamnya 25.000, sedangkan hasil kalian ngumpulin duit d jumlah 11.000 berarti gue nombok dong’’ ucap yogi.


‘’udah gak papa yog, sekali-kali ‘TemBelek Band’ main band dengan metode beneran gituh’’ balas gue.

‘’iyaa dehh oke!, tapi kalian bener bisa kan main alat musik?’’ ucap yogi.

‘’pasti Bisa!’’ balas kami serempak.

Kami berempat alies ‘TemBelek Band’ siap-siap bergegas dengan mengubah style kami masing-masing, supaya keliatan keren dan seperti band beneran yang siap manggung.

Padahal kita hanya ingin bermain di studio musik, tapi style dan gaya kita memang sudah bener-bener seperti band papan atas, atau yang lebih tepatnya untuk kami band papan bawah, bahkan sangat bawah sekali, sampe-sampe ke ubun-ubun bumi bawahnya.

Kami pun berangkat menuju studio musik, yang letaknya gak jauh dari rumah yogi, yahh kira-kira berjarak 100 langkah kaki gajah, pokoknya sekitar segituhlah.

‘’mas? Kami mau main band disini? Kira-kira boleh gak?’’ ucap yogi.

Yang bikin gue aneh, kenapa yogi nanya kaya begituh, ke mas-mas yang punya studionya, kan kalau kita mau main, tinggal bilang aja mau main, kenapa harus izin boleh apa engga, kaya udah pengen melakukan hal kejahatan aja nih.

‘’eehhhh chhyyiinn…!!! Kalian bocah-bocah ingusan, emang bisa main band? Yang ada rusak nanti band eke’’ balas mas.

Gila aja dalam hati gue, ternyata mas-mas yang punya studionya banci abis, pengen dehh gue bantai tuh orang, lagian ngehina kami bocah ingusan, padahal lebih tepatnya ileran.

‘’main band doang? Itu sih udah di luar kepala’’ ucap isal.

‘’nahh bener tuh mas! Kata temen gue barusan! Kalau cuman main band doang, kita udah jago, cuman di liat dari luar doang kita kaya orang gak bisa main band, padahal bisa ko’’ balas daru.

Entah kenapa isal dan daru jadi songong dan jual mahal ginih, padahal kami sama sekali gak pernah megang alat musik beneran, yahh paling kita ngeband cuman sekedar pake prabotan rumah tangga, tapi mereka udah berlaga mahir dan jago.

Yang hasilnya gue dan yogi ikuti apa kata perkataan mereka, walau hati dan fikiran gue 100% ragu untuk melakukan itu.

‘’okeh! Eke percaya pada kalian cemuah!, silahkan kalian main’’ ucap mas.

‘’okeh mas terima kasih’’ balas kami serempak.

‘’ehhh tunggu dulu!’’ ucap mas.

‘’apalagi mas?’’ balas kami serempak.

‘’bayar dulu dong! Satu jam 25.000’’

‘’nihh mas uangnya, maaf kalau recehan’’

‘’okehh makasih chyyiiinn, muach! Selamat bermain’’

Dan akhirnya setelah penantian yang sangat panjang ‘TemBelek Band’ main band dengan alat musik yang bener-bener alat musik.


Gue megang gitar, dan gue main gitar bener-bener suaranya keren seperti si raja gitar ‘slash’ yang sedang beraksi dengan gitarnya.

Isal yang megang drum, dia nampak semangat dan asyik banget dengan drum yang dia mainkan, sampe-sampe stik drum yang dia pegang, sering kelepas sampe kena kepala daru.

Daru pun sama, dia nampak keren banget main bass nya, gue salut dengan dia, dia emang pasangan band gue yang pas banget, sama-sama megang alat musik di petik.

Nahh, vokalis kita ‘TemBelek Band’ si yogi, dengan suaranya yang cempreng-cempreng basah! Membuat gue, isal, daru yang megang alat musik, jadi semangat untuk memainkannya.

Sesekali, yogi berteriak-teriak kaya band luar negeri ‘Asking Alexandria’ yang sering Scream, cuman pas yogi Scream dia sering banget muntah-muntah walau itu muntah ludah.

TemBelek Band bener-bener ajaib banget menurut gue.

Sebuah band yang terdiri 4 anggota yang masih bocah, dan awalnya terbentuk hanya untuk sekedar main-main saja, dan juga tiap main band suka make prabotan rumah tangga, tapi sekalinya main di studio musik itu keren banget walau gak jelas kita main musiknya.

Lagunya apa, kita mainkan musiknya kemana, kaya gak sesuai irama lagunya, tapi yang ada di fikiran kita pada saat itu ialah, senang, gembira, heboh, gila, dan asyik.

Sekarang ‘TemBelek Band’ udah bubar di karenakan anggotanya udah pada besar-besar, dan sibuk dengan dunianya masing-masing.

Lagian TemBelek Band di buat hanya untuk sekedar iseng dalam hoby kita sama-sama ingin punya sebuah band.

Sekarang TemBelek Band udah engga ada, cuman tinggal kenangan, tapi gue salut, masa-masa kenangan pas gue bocah inilah, yang bikin gue kangen, yang lebih tepatnya kangen ke temen-temen gue pas ngeband.

Pokoknya ‘TemBelek Band’ gue artikan sebuah nama band dari kenangan masa-masa gue bocah dan temen-temen gue yang sama-sama ingin punya hooby ngeband, walau saat ngeband kacau-balau tapi kita selalu berfikiran untuk seneng-seneng, asyik, dan yang pasti GILA!.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer