Breaking News
Loading...
Selasa, 03 Februari 2015

Kaos Kusam (Album Plek-Kom)

4:39 PM
Kaos Kusam

Gue kadang sedih gituh, kalau tiba-tiba ada tetangga gue yang punya anak masih kecil kira-kira kecilnya 5cm sering di marahin dan di bentak-bentak sama orang tuanya.

Mungkin dia nakal atau bandel, yang jelas gue prihatin banget, namanya ulum, dari namanya aja dia udah baik dan kalem gituh, tapi yang anehnya dia sering banget di marahin sama orang tuanya.

Waktu itu gue tanya ke ulum ‘’Lum loe kenapa sih setiap hari, setiap detik, setiap menit, dan setiap jam, loe di marahin mulu?‘’.

‘’Gue gak di marahin Lif, cuman di bentak‘’ jawab ulum.

‘’sama aja bego‘’ kata gue.

Ulum orangnya memang begituh, kalau di tanya serius jawabnya suka bercanda, kaya orang pacaran yang lagi mau di putusin terus jawabnya gak serius biar gak di putusin.



Sampai-sampai tetangga gue banyak yang prihatin banget sama keadaan ulum kalau di rumah yang sering di marahin orang tuanya.

Tetapi yahh gituh, ulum selalu menyembunyikan keadaan sebenarnya pada dirinya sendiri, sangatlah sulit gue sebagai detektif laknat untuk mengatasi masalah tersebut.

Dan pada saat itu ulum pernah di marahin abis-abisan sama orang tuanya, menurut gue orang tua ulum ini memang udah kaya monster yang gak di kasih makan seumur hidup, masa tiap hari marah mulu kerjaannya, udah tua makin tua tuh.

Ulum di marahin sama orang tuanya sampe-sampe ulum minggat dari rumahnya ke rumah temen gue, yang rumahnya gak jauh dari rumah gue.

Pada saat itulah suasana kerusuhan dan kehebohan terjadi di perumahan komplek gue, semua warga perumahan komplek gue pada sibuk nyariin ulum dari shubuh sampai shubuh lagi.

Padahal gue tau ulum nyumpet di rumah temen gue yang namanya Upi.


Upi juga sengaja gak ngasih tau ke semua warga kalau ada ulum di rumahnya, yang jelas pada saat warga nyariin ulum, ulum pun di rumah upi, ia bersembunyi di balik kasur, katanya biar gak ketahuan sampe alif jadi artis.

Pak RT pun ikut campur dalam masalah ini, sampe-sampe pak RT lapor ke polisi, tentara, pemadam kebakaran, dan satpol pp.

Semua warga banyak mewawancari orang tuanya ulum terutama ibunya karena dari kedua orang tua ulum, cuman ibunya yang kaya monster malah melebihi monster ganasnya.

‘’emak ulum, ulum sebenernya di apain? sampai gak pulang-pulang kaya malin utang‘’ ujar warga.

‘’gak saya apa-apain, cuman saya bentak aja biar saya suruh nyuci kaosnya yang makin hari makin kusam‘’ ujar ibu ulum.

‘’ohh selama ini ulum sering di marahin cuman gara-gara suruh nyuci kaosnya yang udah kusam?‘’ tanya warga kembali.

‘’iyaa pak-bu‘’ jawab ibu ulum.


Dan ternyata semua warga udah tau kalau selama ini ulum sering di marah-marahin karena gak mau nyuci kaosnya yang udah mulai kusam.

Gue pun sebagai temannya ulum sangat kaget aja, jadi selama ini ulum di marahin cuman gara-gara hal itu doang, menurut gue itu iyuh badai.

Setelah gue tau kalau itu alasan ulum sering di marahin orang tuanya, gue pun bergegas ke rumah upi buat tanya langsung ke ulumnya, karena makin berjalannya waktu, sampe-sampe banyak banget orang berpartisipasi mencari ulum, mungkin ulum ini sudah seperti orang terpenting di negara, melebihi presiden.

Sampe di rumah upi, tanpa basa-basi gue langsung tanya ke ulumnya,

‘’Lum apa bener loe sering di marahin orang tua loe, cuman gara-gara hal tentang kaos yang makin kusam?‘’ tanya gue.

’iyaa lif bener, soalnya gue males banget nyuci kaos itu, soalnya bau banget udah melebihi bau bangke wirog‘’ jawab ulum.


‘’mending loe nurut aja apa kata orang tua loe lum, soalnya udah banyak orang yang nyariin loe, cuman gara-gara hal yang gak penting!‘’ ujar gue.

‘’okelah lif gue keluar aja dan nurut apa kata orang tua gue‘’ jawab ulum.

Dan akhirnya ulum pun keluar dari tempat persembunyiannya di rumah upi, gue dan upi menemani ulum untuk ke rumahnya, biar dia gak di bentak-bentak sama orang tuanya, saat di perjalanan ingin menuju rumah ulum, tiba-tiba ada salah satu warga melihat kita(yang jelas melihat ulum), warga itu pun langsung menyeret ulum ke rumahnya, yasudah dengan situasi seperti itu pun semua warga yang menyari ulum akhirnya pada tau kalau ulum sudah ketemu dan semuanya menuju rumah ulum.

Sesampainya di rumah ulum, ulum pun langsung di tanya sama emaknya yang super-duper ganas,

‘’Lum kamu kemana aja? Emak khawatir sama kamu, dan banyak warga yang nyariin kamu?‘’ ujar emak ulum.

‘’Ulum gak kemana-mana ko mak, cuman di planet bumi Indonesia aja alies di rumah upi‘’ balas ulum.

Dan di hadapan banyak warga emak ulum pun menjelaskan secara jelas kenapa ulum di marahin terus setiap hari, dan ternyata oh ternyata cuman masalah kaosnya yang udah mulai kusam karena jarang di cuci atau di bersihkan, alasan ulum pun cuman satu dan simple yaitu ‘’BAU’’.

Menurut gue sih wajar kalau bau, yang jelas tuh kaos gak pernah di cuci selama beli dan sampai pada saat itu, bisa bayangkan itu kaos kusam dan baunya seperti apa?

Mungkin melebihi bangke firaun, masalah ini pun akhirnya selesai di perumahan komplek gue, ulum pun yang tadinya malas akan mencuci kaosnya dia pun udah mulai mencuci dan membersihkannya walau dengan muka tak ikhlas tapi kata emak ulumnya yang penting ‘’Nurut’’.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer