Breaking News
Loading...
Rabu, 25 Februari 2015

TIPS MENULIS CERPEN YANG ASYIK

8:54 PM




Assalamuallaikum Wr.Wb.

Sudah beberapa hari ini, gue jarang post di blog, biasalah gue sibuk dengan tugas sekolah di tambah kondisi badan gue jatuh sakit.
Mungkin itu faktor mikirin sana dan mikirin sini, walau gak jelas tapi hasilnya sakit.
Di post kali ini, gue mau posting tentang Tips Menulis Cerpen Yang Asyik, kan sering tuh gue buat cerpen, dan kali ini gue mau ngasih tipsnya biar asyik pada saat nulis cerpen.
Oke langsung di simak yahh…!!!


1.Cari Waktu Luang
Cari Waktu Luang maksudnya, sediakan waktu luang kalian untuk menulis cerpen, kenapa? Karena kalau tidak ada waktu luang, pasti kalian tidak dapat menulis cerpen dengan baik dan bagus.
Jadi sediakan waktu luang kalian untuk menulis cerpen, sekiranya 1 jam atau 2 jam dalam sehari atau seminggu.

2.Fokus Ke Materi Cerpen yang di Buat
Setiap orang kalau mau menulis cerita atau cerpen, pasti ada tujuan dan materi pembahasan yang bakal di tulis atau di buatnya, untuk di ceritakan, dan yang pasti di baca oleh pembaca.
Contohnya kalian mau menulis cerpen tentang CINTA, nahh pada saat kalian menulis cerpennya, kalian tetep fokus pada satu tujuan tentang cerpen yang akan kalian buat tersebut (CINTA). Supaya pada saat pembuatan tidak acak-acakan dan berbelok arah, dan pembaca pun bakal paham dan mengerti.

3.Terus Menulis
Kebanyakan orang males menulis CERPEN itu karena, kehabisan akal di tengah-tengah pembuatan CERPEN tersebut. Misalnya, kalian sedang asyik-asyiknya pada awal pembuatan cerpen pada cerita yang kalian tulis, pas sudah sampe sekiranya 5 halaman atau 10 halaman, tiba-tiba kalian kehabisan akal untuk menulis cerpennya, tips dari gue, mending kalian istirahat dulu sejenak kira-kira 10 menit, setelah istirahat selesai, baru di lanjutkan kembali tapi secara perlahan-lahan, pokoknya kalian terus menulis dan menulis, tapi ingat! Jangan sampe berbelok arah pada tema cerpen yang kalian buat, tetap pada tema tersebut.

4.Sediakan Cemilan
Setiap pekerjaan yang kita lakukan, hampa dan kurang pas rasanya kalau belum ada yang namanya cemilan atau makan atau juga minuman yang kita sukai. Kalau gue lagi menulis cerpen, pastinya gue gak sendirian selalu di temani cemilan-cemilan kecil yang gue sukai, dan tak lupa juga ada kopi hangat di situh. Apa tujuan cemilan tersebut? Menurut gue supaya pada saat kita menulis cerpen tidak merasa bosan dan ngantuk, karena ada makanan dan minuman yang menemani.

5.Koreksi kembali Cerpen yang telah di Buat
Setelah menyelesaikan cerpen yang di buat, jangan lupa kalian untuk mengkoreksi kembali tulisan-tulisan kalian dari halaman awal sampai halaman akhir. Dan kalian koreksi minimal secara kepribadian kalian supaya betul dan benar saat di baca oleh orang lain. Biasanya saat kita menulis cerpen, pasti ada kalimat-kalimat atau tanda baca yang tidak pas di setiap kalimat atau paragraf, nahh yang seperti itu harus cepat di perbaiki, supaya tidak membingungkan bagi pembaca.

6.Jangan mudah Menyerah dan Tetap Semangat
Kebanyakan orang setelah menyelesaikan sesuatu yang semaksimal mungkin ia kerjakan, dan dapat masukan negatif dari orang lain, menurut gue, di situh kita jangan mudah menyerah, tapi tetap semangat dan belajar lagi.
Sama halnya dengan Menulis Cerpen, Menurut pantauan gue selama gue mulai jadi penulis ginih, banyak orang yang hobbynya menulis cerpen terhenti, karena banyak mendapat masukan yang berupa hal-hal negatif, yang akibatnya mereka jadi males membuat cerpen lagi.
Itu menurut gue suatu tindakan yang salah! Kalau kita bener-bener dan niat ingin membuat sebuah karya walau itu dari tulisan (cerpen).
Teruslah berusaha dan jangan mudah menyerah. Kita buktikan kepada orang-orang yang memberikan masukan negatif itu, kalau kita tidak menyerah dengan ucapan atau masukan hal-hal negatif seperti itu, melainkan itu sebuah acuan motivasi untuk memperbaiki dan memperbagus kedepannya.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai Tips Menulis Cerpen yang Asyik, kurang lebihnya saya mohon maaf, semoga tips tersebut bermanfaat dan yang pastinya menambah wawasan kalian semua.

Wassalamuallaikum Wr.Wb.

1 komentar:

 
Toggle Footer